Home » » Manfaatnya Sinar Matahari

Manfaatnya Sinar Matahari

Written By Maulana Affan on Rabu, 25 Desember 2013 | 19.22

         Setelah beberapa minggu nggak bikin artikel gara-gara Ulangan Akhir Semester dan ada kegiatan di sekolah, sekarang saya akan buat artikel tentang manfaat sinar matahari.
          Nah.. ngomong-ngomong, banyak orang yang menganggap sinar matahari adalah musuh bagi kulit, mereka beranggapan bahwa kulit akan terbakar dan menjadi rusak jika terlalu lama terkena sinar matahari. Ya.. anggapan seperti itu memang tidak sepenuhnya salah, namun sinar matahari yang merupakan musuh bagi kulit adalah sinar matahari pada siang hari. Pada siang hari sinar matahari banyak mengandung UV yang berbahaya bagi kulit.
 
clip_image002

Namun jika kita ingin memperoleh manfaat kesehatan dari matahari, maka sinar matahari pagi adalah jawabannya. Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari sang surya. Apa manfaat sinar matahari pagi bagi kita? Ada beberapa manfaat yang dapat kita rasakan, antara lain :

1. Menurunkan Kadar Gula Darah
          Sinar matahari akan memberikan kemudahan proses penyerapan glukosa masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi gula yang tersimpan (glycogen) pada hati dan otot. Dengan demikian gula darah akan turun.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
         Pancaran sinar matahari yang mengenai tubuh akan menambah sel darah putih terutama limfosit yang digunakan untuk menyerang penyakit. Antibodi juga akan (gamma globulins) bertambah.
          Pengaruh ini akan bertahan sampai 3 minggu. Nitrofil membunuh kuman-kuman lebih cepat setelah pernapasan dengan sinar matahari. Sepuluh menit di bawah sinar ultraviolet satu atau dua kali setiap minggu dapat mengurangi flu sebesar 30-40 %.

3. Penawar Infeksi dan Pembunuh Bakteri
          Sinar matahari membantu membunuh bakteri penyakit, virus, dan jamur. Hal itu berguna untuk perawatan TBC, erysipelas, keracunan darah, peritonitis, pneumonia, mumps, dan asma.
          Beberapa dari virus penyebar kanker ditaklukkan oleh sinar ultraviolet (UV) ini. Infeksi jamur akan bereaksi terhadap sinar matahari. Dalam waktu 10 menit saja bakteri yang berterbangan di udara dapat dilumpuhkan oleh sinar matahari.

4. Meningkatkan Kebugaran Pernapasan
          Sinar matahari dapat meningkatkan kapasitas darah untuk membawa oksigen dan menyalurkannya ke jaringan-jaringan. Faktor lain yang bisa membantu meningkatkan kebugaran pernapasan ialah bahwa glikogen bertambah di hati dan otot setelah berjemur matahari.

5. Sinar Matahari Membantu dalam Pembentukan dan Perbaikan Tulang
         Dengan bertambahnya kadar vitamin D dalam tubuh karena terkena sinar matahari, otomatis dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dan sangat menolong pembentukan dan perbaikan tulang dan mencegah penyakit tulang.
          Mendapatkan sinar matahari di negeri tropis seperti di Indonesia tidaklah sulit. Sinar matahari memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Mendapatkannya secara rutin harus diprioritaskan.
          Mulai saat ini, rajin-rajinlah untuk memanaskan tubuh Anda terutama di bawah sinar matahari pagi yang sangat berperan dalam mengubah provitamin D menjadi vitamin D untuk kebaikan tubuh.

6. Kesehatan kulit     
          Ini adalah kabar baik bagi mereka yang sangat takut terkena jerawat. Menurut sebuah penelitian, sinar matahari pagi mampu mengurangi resiko untuk terkena jerawat. Hal ini disebabkan karena adanya vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit, dengan kulit yang sehat maka kemungkinan untuk terkena jerawat dapat diminimalisir.

7. Menimbulkan perasaan nyaman           
         Dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi akan membuat suasana hati kita lebih tenang dan nyaman. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi mampu merangsang pembentukan serotonin yang merupakan kontributor untuk perasaan nyaman dan tenang.


Sekian informasi dari saya kali ini. Semoga bermanfaat.. 
Share this article :

2 komentar:

Flag Counter
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog Tempat Berbagi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger